Pengertian Domain TLD untuk Website Bisnis Online

Pengertian Domain TLD untuk Website Bisnis Online – Ketika mengembangkan bisnis secara daring, website memang hal penting yang harus diperhatikan. Dengan menggunakan website yang baik, tentunya pengelolaan bisnis secara daring dapat dilakukan dengan lebih maksimal.

Namun tahukah Anda ternyata terdapat domain website yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain, disebut dengan TLD. TLD merupakan akronim dari top level domain yang memiliki akhiran khas, yakni co.id atau .com. Jenis domain ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis yang lain.

Untuk Anda yang baru mengembangkan website, berikut adalah pengertian ringkas mengenai TLD dan apa saja manfaatnya untuk bisnis. Dengan informasi tersebut, pengelolaan dan pengembangan website tentunya bisa Anda lakukan dengan lebih mudah.

Apa Itu TLD?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, TLD merupakan eksistensi atau keberadaan dari suatu domain. Domain sendiri merupakan alamat pada website, jadi untuk mengakses website Anda tidak perlu menghafalkan alamat IP-nya, cukup dengan menggunakan domain yang sudah ditentukan.

Ada beberapa fungsi dari TLD, misalnya, ia bisa menunjukkan tema atau isi dari suatu website. Untuk eksistensi .gov, website yang menggunakan domain ini umumnya merupakan website yang dikelola oleh pemerintah. Anda juga bisa mendapatkan domain .com promo untuk website yang Anda kelola.

Fungsi lain dari TLD adalah menujukkan asal website tersebut, misalnya akhiran eksistensi .id, maka website tersebut berasal dari Indonesia. Bahasa yang nantinya digunakan oleh website tersebut juga merupakan bahasa Indonesia, sehingga pasar targetnya adalah pengguna internet di Indonesia.

Berbeda jika eksistensi yang digunakan adalah .jp, maka website tersebut berasal dari Jepang dan menggunakan bahasa Jepang. Pangsa targetnya adalah masyarakat Jepang, sehingga tidak direkomendasikan untuk pengguna internet dari Indonesia.

Jenis Jenis TLD

Agar memudahkan Anda mengenai penggunaan TLD, berikut adalah beberapa varian dan jenisnya yang paling banyak digunakan. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan usaha atau bisnis yang sedang dikembangkan sebagai bentuk representasi domain.

  • Generic Top Level Domain

Pilihan pertama adalah generic top level domain, merupakan TLD yang paling banyak digunakan dan umum dipakai. Beberapa contohnya adalah .com untuk website komersial atau .org untuk website yang dikembangkan oleh organisasi.

Selain jenis tersebut, ada jenis generic top level domain lain yang bentuknya berupa merek atau produk, contohnya adalah .google atau .android. Umumnya untuk eksistensi TLD ini hanya digunakan oleh bisnis raksasa dan bersifat internasional.

  • Country Code Top Level Domain

Berikutnya adalah country code top level domain atau ccTLD, TLD jenis ini digunakan untuk mewakili negara tertentu, misalnya .cn untuk negara China atau .de untuk negara Jerman. Anda bisa menggunakan jenis ini jika memang ingin menargetkan website untuk wilayah tertentu saja.

Berbeda dengan domain .com promo, umumnya domain ini menggunakan dua huruf saja sebagai perwakilan eksistensi suatu negara. Hal tersebut berdasarkan ISO Code yang telah ditetapkan sebelumnya, yang mewakili nama suatu negara dalam bentuk akronim dan sifatnya internasional.

Masih ada satu lagi bentuk TLD, namun jenis ini umumnya hanya digunakan oleh organisasi atau agensi swasta. Misalnya untuk pemerintah yang disingkat menjadi .gov atau .edu untuk pendidikan, jenis ini disebut sebagai sponsored top level domain.

Demikianlah informasi mengenai TLD dan berbagai jenis dari varian domain yang ada. Dengan memilih eksistensi dan TLD yang tepat, Anda bisa menyasar target pembaca atau pelanggan dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *